Cara Mendapatkan Dividen Saham dari Emiten, Investor Pemula Wajib Tahu!

No comments
5-Panduan-Memilih-Investasi-yang-Menguntungkan-dalam-Waktu-Singkat

Bagi para investor yang ingin berinvestasi dalam jangka panjang, dividen dapat diandalkan untuk memperoleh keuntungan. Apa itu dividen saham ? Istilah ini merujuk pada pembagian keuntungan perusahaan kepada para pemegang saham. Jadi meskipun anda tidak menjual kembali saham, anda tetap dapat memperoleh keuntungan. Adapun cara mendapatkan dividen saham dari emiten yaitu sebagai berikut.

Cara Mendapatkan Dividen Saham

Baca Juga: Apa Itu Dividen Saham? Berikut Ulasan Lengkap beserta Fakta Uniknya

1. Membeli Saham dari Emiten yang Stabil

Apabila ingin mendapatkan dividen saham, maka anda perlu memilih emiten dengan tepat. Karena perlu diketahui bahwa tidak semua perusahaan akan memberikan dividen kepada para pemegang sahamnya. Umumnya, emiten yang membagikan dividen merupakan perusahaan dengan kondisi keuangan stabil yang skalanya besar.

Sehingga perusahaan pun telah mempunyai prediksi atas laba yang akan diterima. Jadi keuntungan yang diperoleh nantinya bisa dibagikan kepada para pemegang saham. Bahkan perusahaan dapat memberikan dividen yang nilainya terus meningkat dari waktu ke waktu, selama keuntungan yang diperoleh perusahaan juga meningkat. Biasanya hal ini sering terjadi pada perusahaan di sektor keuangan dan kesehatan.

2. Perhatikan Skala Dividen dengan Harga Saham

Cara mendapatkan apa itu dividen saham yaitu dengan memperhatikan skala dividen terhadap harga saham, atau dikenal dengan istilah dividend yield. Akan lebih baik apabila anda memilih saham dengan dividend yield tinggi. Karena itu berarti perusahaan bisa memberikan dividen lebih besar bagi investor. Bahkan potensi capital gain yang bisa diraih pun semakin tinggi jika yield dari saham juga tinggi.

3. Perhatikan Tanggal Ex-Dividend

Biasanya, akan ada tanggal yang ditentukan sebagai ex-dividend saat perusahaan mengumumkan dividen. Seorang investor akan mendapat hak atas dividen apabila membeli saham sebelum tanggal ex-dividend atau cum-dividend tersebut. Jika anda tidak ingin melewatkan kesempatan untuk mendapatkan dividend dari emiten, maka penting untuk memperhatikan tanggal ex-dividend tersebut.

Cara-Mendapatkan-Dividen-Saham-dari-Emiten-Investor-Pemula-Wajib-Tahu

Prosedur Pemberian Dividen

1. Tanggal Pengumuman

Supaya tidak melewatkan kesempatan untuk mendapatkan apa itu dividen saham, penting bagi investor untuk mengetahui prosedur pemberiannya. Yang pertama, perusahaan akan mengumumkan dividen pada announcement date. Pengumuman dividen ini perlu disertai dengan adanya persetujuan dari para pemegang saham, sebelum mereka dapat menerima keuntungan.

2. Tanggal Ex-Dividend

Berikutnya ada tanggal ex-dividend, yaitu tanggal kedaluwarsanya penerima yang berhak mendapatkan dividen. Jadi anda berhak atas dividen suatu saham apabila telah membeli sahamnya sebelum tanggal ex-dividend. Sebagai contoh, tanggal ex-dividend jatuh pada tanggal 5 Juni. Apabila anda membeli saham di tanggal 5 Juni atau setelahnya, maka anda tidak berhak untuk menerima dividen saham tersebut.

3. Tanggal Pencatatan

Record date atau tanggal pencatatan yaitu tanggal penetapan yang dilakukan oleh perusahaan, mengenai siapa saja yang berhak menerima dividen dari saham mereka. jadi di tanggal ini sudah dapat dipastikan siapa saja pemegang saham yang tercatat akan menerima dividen.

4. Tanggal Pembayaran

Ketika nama nama pemegang saham sudah tercatat berhak mendapatkan dividen, maka proses selanjutnya yaitu tanggal pembayaran atau payment date. Perusahaan akan mengirimkan dividen berupa uang kepada para pemegang saham di tanggal tersebut. Bentuk dividen yang diberikan sebenarnya tidak selalu uang tunai, tergantung kebijakan masing masing perusahaan.

Apa itu dividen saham punya beberapa jenis. Selain dividen tunai, ada pula dividen saham yang diberikan dalam bentuk penambahan saham. Sehingga banyak saham yang diinvestasikan oleh investor pun akan bertambah pada saat payment date. Jadi tidak selalu berupa uang yang dikirimkan ke rekening para investor.

Demikian cara mendapatkan dividen saham dari emiten. Pastikan anda memilih saham perusahaan yang tepat dan pahami prosedurnya. Misalnya anda bisa memilih saham dari indeks IDX High Dividend 20. Indeks saham tersebut berisikan 20 saham dengan dividend yield yang tinggi yang membagikan dividen tunai selama 3 tahun terakhir. Tertarik ?

Share this:

Tinggalkan komentar